PROPOSAL PERUSAHAAN PENERBITAN
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah proposal perusahaan penerbitan dalam tugas mata kuliah Manajemen Penerbitan. Kemudian shalawat beserta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman hidup yakni al-Qur'an dan sunnah untuk keselamatan umat di dunia.
Makalah Proposal Perusahaan Penerbitan ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Manajemen Penerbitan di program studi Penerbitan, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta. Selanjutnya kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Drs. Jimmy Paat selaku dosen mata kuliah Manajemen Penerbitan dan kepada segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan makalah proposal perusahaan ini berlangsung.
Akhirnya kami menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan dalam penulisan proposal ini, maka dari itu kami, selaku penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca demi kesempurnaan proposal ini.
Jakarta, 21 Juni 2018
Penulis
Daftar Isi
Kata Pengantar …………………………………………………………………………………... 1
Daftar Isi ……………………………………………………………………………………….... 2
BAB I
Pendahuluan ………………………………………………………………………………….….. 4
1.1 Pengertian Manajemen ………………………………………………………………….…… 4
1.1 Fungsi-Fungsi Manajemen …………………………………………………………………... 4
BAB II
Maksud Dan Tujuan ……………………………………………………………………………... 5
2.1 Latar Belakang Persoalan …………………………………………………………………… 5
2.2 Tujuan dan Mafaat Perusahaan …………………………………………………………….... 5
BAB III
Perencanaan ……………………………………………………………………………………... 6
3.1 Visi dan Misi ……………………………………………………………………………….... 6
3.2 Analisis SWOT ……………………………………………………………………………… 6
3.3 Penggunaan Sumber Daya ………………………………………………………………….. 7
3.4 Rincian Pesonil ……………………………………………………………………………… 9
3.5 Peralatan, Nilai, dan Anggaran ……………………………………………………………… 9
3.6 Jenis dan Target Produk ……………………………………………………………………. 11
3.7 Sumber Naskah …………………………………………………………………………..… 11
3.8 Segmentasi Wilayah Pasar …………………...…………………………………………….. 11
3.9 Diversifikasi ………………...……………………………………………………………… 12
BAB IV
Organisasi ……………………………………………………………………………………… 13
4.1 Jenis Organisasi ……………………………………………………………………………. 13
4.2 Bagan Organisasi ………………………………………………………………………....... 13
BAB V
Pergerakan ……..……………………………………………………………………………….. 14
5.1 Motivasi ……………………………………………………………………………………. 14
5.2 Jenis Kepemimpinan ……………………………………………………………………….. 14
5.3 Jenis Kesejahteraan ………………...………………………………………………………. 14
BAB VI
Pengawasan …………………………………………………………………………………….. 15
6.1 Standar Operasional Prosedur (SOP) ………………………………………………………. 15
6.2 Quality Control …………………………………………………………………………….. 15
6.3 Hubungan Penerbit-Percetakan …………………………………………………………… 16
BAB VII
Penutup ………………………………………………………………………………………… 17
7.1 Kesimpulan dan Saran …………………...………………………………………………… 17
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Pengertian Manajemen
Manajemen diartikan sebagai suatu rangkaian kegiatan mulai dari kegiatan merencanakan, melaksanakan, serta mengkordinasikan apa yang direncanakan sampai dengan kegiatan mengawasi atau mengendalikan sesuai yang telah direncanakan.
1.2. Fungsi-Fungsi Manajemen
A. Perencanaan
Dalam manajemen perencanaan adalah sebuah patokan untuk mempermudah menejer agar tercapainya sebuah tujuan, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain-pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan-tak akan dapat berjalan.
Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu.
B. Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah suatu proses dan rangkaian kegiatan dalam pembagian kerja yang direncanakan untuk diselesaikan oleh para anggota kelompok pekerjaan, penentuan hubungan pekerjaan yang baik diantara mereka, serta pemberian lingkungan dan fasilitas pekerjaan yang kondusif
C. Penggerakkan
Penggerakkan merupakan kegiatan memulai atau memelihara kegiatan sesuai dengan rencana, meliputi juga penyesuaian dan perumusan keinginan orang-orang kepemimpinan , tindakan konpensasi, dll.
D. Pengendalian
Pengendalian merupakan kegiatan melakukan pengamatan apakah pelaksanaan sesuai dengan rencana dan juga merupakan pelaksanaan kegiatan dan tindakan korektif.
BAB II
MAKSUD DAN TUJUAN
2.1. Latar Belakang Perusahaan
Buku merupakan media sebagai wadah gagasan yang positif untuk membuat manusia menjadi selayaknya kaum yang berintelektual. Kami sebagai generasi muda menyadari akan pentingnya bacaan yang berkualitas bagi masyarakat muda maupun tua, agar pendidikan di Indonesia ini semakin membaik. Maka dari itu kami ingin berpartisipasi aktif akan permasalahan tersebut, sehingga kami memutuskan untuk mendirikan perusahaan penerbitan yang kami beri nama TWENTYONE PUBLISHING. Kami berencana untuk memulai usaha ini di mulai dari daerah Jakarta dan sekitarnya.
2.2. Tujuan dan Manfaat Perusahaan
TWENTYONE PUBLISHING didirikan untuk melengkapi kegiatan literasi di Indonesia. Yang saat ini masih tergolong rendah kegiatan membaca di Indonesia Pendirian TWENTYONE PUBLISHING ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca, kualitas, serta memberi akselerasi perkembangan kegiatan membaca dan menulis yang telah ada. Berdirinya perusahaan ini juga memiliki manfaat edukasional bagi masyarakat sekitar, diantaranya:
- Mencerdaskan masyarakat Indonesia dengan menyediakan bacaan yang berguna untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam negeri maupun luar negeri.
- Meningkatkan hobi membaca masyarakat
- Sebagai penyedia referensial penulisan melalui sarana dan prasarana produk terbitan yang baik dan berkualitas.
BAB III
PERENCANAAN
3.1 Visi dan Misi Perusahaan
Visi
Menjadikan Twentyone Publishing sebagai sarana edukasi yang terpercaya dalam mencerdaskan masyarkat Indonesia.
Misi
- Mencerdaskan masyarakat Indonesia dengan menyediakan bacaan yang berguna untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam negeri maupun luar negeri.
- Meningkatkan hobi membaca masyarakat
- Sebagai penyedia referensial penulisan melalui sarana dan prasarana produk terbitan yang baik dan berkualitas.
3.2. Analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan metode perencanaan terstruktur yang digunakan untuk mengetahui kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman atau tantangan (threats) yang terdapat pada bisnis usaha.
Sebelumnya, kami telah melakukan survei pasar, terkait dengan: kebutuhan pasar, minat baca masyarakat, jaringan usaha, penerbit kompetitor, daya beli, SDM, segmentasi, demografis, geografis, dan psikografis masyarakat serta ketersediaan bahan baku untuk menerbitkan buku. Dari survei tersebut, berikut ini adalah analisis SWOT perusahaan kami.
a. Strengths
· Kekuatan perusahaan terletak pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang berlatar belakang pendidikan sesuai dengan bidang pekerjaannya.
· Mempunyai target pasar yang jelas, baik dari pembaca.
· Pemimpin perusahaan memiliki kemampuan dalam mengelola organisasi perusahaan dengan baik.
· Bisnis penerbitan buku bebas dari limbah industri karena setiap sampah dari hasil produksi akan didaur ulang untuk keperluan lainnya.
b. Weakness
· Kurangnya pengalaman perusahaan dikarenakan faktor usia perusahaan yang masih dini.
· Penerbitan ini merupakan penerbit yang baru berdiri, sehingga belum dikenal masyarakat luas.
c. Opportunity
· Adanya kebutuhan yang cukup besar dari masyarakat terhadap bahan bacaan yang berkualitas.
d. Threats
· Adanya penerbit kompetitor yang telah menjadi market leader di masyarakat.
· Adanya ketidakpekaan perusahaan terhadap selera masyarakat yang berubah-ubah.
3.3. Penggunaan Sumber Daya (5M +)
1) Man (manusia/pekerja); Twentyone Publishing akan merekrut beberapa karyawan dengan posisi sebagai berikut :
· Komisaris : Farhan Maulana
· Direktur : Dimas Bayu
· Pemimpin Redaksi : Refi Nuranisa Fahmitia
· Redaksi Pelaksana : Nixon Yosafat
· Editor : Putri Diza
· Pemasaran dan sirkulasi : Arif Maulana
· Produksi dan Design Grafis : Ratih Yustikasari
· Keuangan : Abdaah
2) Money (modal); modal pendirian perusahaan penerbitan Twentyone Publishing ini akan menggunakan prive tabungan Nixon Yosafat selaku pendiri perusahaan Twentyone Publishing, sebesar Rp. 200.000.000,-.
3) Material (bahan-bahan); bahan-bahan yang akan dipersediakan pada Twentyone Publishing sebagai kebutuhan primer perusahaan, antara lain ialah :
Peralatan (1 x pembelian)
· Komputer : 11 perangkat
· Meja Kantor : 11 buah
· Kursi Kantor : 11 buah
· AC : 7 buah
· Telepon : 10 buah
· Fax : 3 buah
· Printer with in Scanner : 5 buah
· Kamera Tersembunyi : 4 buah
· Proyektor : 4 buah
· Pemasangan Wifi : 2 buah
Perlengkapan (pembelian per bulan)
· Spidol : 4 pack
· Kertas A4 80gr : 10 pack/rim
· Amplop Coklat Besar : 60 dozens
· Amplop Coklat Gaji : 40 dozens
· Amplop Putih Biasa : 30 dozens
Methode (cara kerja); Para karyawan dipekerjakan 5, hari Senin sampai Jum'at dalam seminggu pada kantor penerbit Twentyone Publishing. Twentyone Publishing akan terbit dalam setahun dengan jumlah 36 judul buku.
Dan apabila diambil rata-rata, kapasitas terbitan Twentyone Publishing per tahun adalah sebagai berikut:
TERBIT PER BULAN OPLAH TOTAL 12 BULAN
3 X 5.000 15.000
Harga Buku pada wilayah Pulau Jawa : Rp 40.000,00
Perkiraan perhitungan hasil penjualan produksi selama setahun:
Dalam per bulan : 3 x 5000 x Rp 40.000,- = Rp .600.000.000,-
Dalam pet tahun : 15.000 eks x Rp 45.000- = Rp 675.000.000,-
Jadi, diperkirakan laba kotor yang akan diperoleh oleh Twentyone Publishing dalam memproduksi buku setiap bulannya dengan jumlah produksi 15.000 per bulannya, yaitu Rp 600.000.000,-
4) Machine(mesin); Twentyone Publishing tidak menyediakan mesin apapun karena perusahaan kami hanya bergerak dibidang penerbitan Buku
5) Information (informasi):
· Email : Twentyonepublishing21@gmail.com
· Telephon : 021-58948211
· Fax. : 021-52467211
· Pos Surat : Jalan Jagakarsa, no.68 Jagakarsa, Jakarta Selatan 12620
· Website Official : twenty-publishing21.net
6) Energy (energi) :
· Listrik 3.200 watt pasca bayar
· Air pasca bayar
· Telpon pasca bayar
· Wifi pasca bayar
3.4. Rincian Personil (jumlah personil, jabatan, penggajian)
· Direktur : 8.000.000
· Pemimpin Redaksi : 7.000.000
· Redaksi Pelaksana : 6.000.000
· Editor : 5.000.000
· Pemasaran dan sirkulasi : 4.600.000
· Produksi dan Design Grafis : 4.000.000
· Keuangan : 3.500.000
3.5. Peralatan, Nilai, dan Anggarannya
Kebutuhan Modal Awal :
PERALATAN
JUMLAH UNIT
HARGA PER UNIT
BIAYA
Komputer
11
Rp. 3.000.000,-
Rp. 36.000.000
Meja Kantor
11
Rp. 500.000,-
Rp. 5.500.000,-
AC
7
Rp. 3.000.000,-
Rp. 21.000.000,-
Telepon
10
Rp. 150.000,-
Rp. 1.500.000,-
Fax
3
Rp. 1.200.000,-
Rp. 3.600.000,-
Printer within Scanner
5
Rp. 2.500.000,-
Rp. 12.500.000,-
Kamera Tersembunyi
4
Rp. 1.000.000,-
Rp. 4.000.000,-
Proyektor
4
Rp. 4.000.000,-
Rp. 16.000.000,-
Pemasangan WIFI
2
Rp. 100.000
Rp. 200.000,-
Kursi Kantor
11
Rp. 250.000
Rp. 2.750.000,-
Total
Rp. 102.000.000,-
Kebutuhan Rutin Bulanan :
KEBUTUHAN
BIAYA
Kebutuhan Listrik
Rp. 1.200.000,-
Kebutuhan Air
Rp. 200.000,-
Kebutuhan Telepon
Rp. 300.000,-
Kebutuhan Wifi
Rp. 500.000,-
Total
Rp. 2.200.000,-
Perlengkapan Rutin Bulanan
KEBUTUHAN
JUMLAH UNIT
BIAYA
Alat Tulis Kantor
4 pack
Rp. 150.000
Kertas A4 80 gr
5 pack/rim
Rp. 250.000
Amplop Cokelat Besar dan Amplop Putih
10 pack
Rp. 200.000
Total
Rp. 600.000,-
Maka untuk perelialisasian awal, TWENTYONE PUBLISHING membutuhkan dana atau modal awal sebesar:
Rp. 102.000.000 + Rp. 2.200.000 + Rp. 600.000 = Rp. 104.800.000,-
*Bangunan perusahaan Twentyone Publishing sejak jauh-jauh hari dengan menggunakan dana dari direktur, jadi tidak dicantumkan sebagai modal awal.
3.6. Jenis dan Target Produk
· Jenis : Non Akademi, Buku Motivasi, Buku Agama, Novel
· Target :
- Waktu Terbit : Setiap Bulan
- Oplah : 5.000
- Harga : 40.000
· Wilayah Pemasaran : Pulau Jawa
3.7. Sumber Naskah
Sumber naskah yang dijadikan bahan untuk ditebitkan adalah naskah baru yang diajukan oleh penulis, yang kemudian diterima oleh penerbit jika telah memenuhi syarat dan telah bebas dari unsur-unsur SARA.
3.8. Segmentasi Wilayah Pasar
Pemilihan massa pembaca didasarkan oleh faktor geografis, demografis, dan psikografis.
· Georgrafis : Masyarakat disekitar pulau Jawa
· Demografis :
Jenis Kelamin : laki-laki dan perempuan
Usia : tidak terbatas
Ekonomi : semua kalangan
· Psikografis :
- Orang yang mengikuti perkembangan teknologi dan informasi\
- Orang yang memiliki minat baca terhadap buku bacaan.
- Orang yang berpendidikan maupun yang tidak berpendidikan.
Wilayah Pasar:
Pada tahan jangka pendek kami hanya akan memasarkan produk disekitar pulau Jawa saja. Namun, pada jangka menengah kami akan memasarkan dipulau Jawa dan Kalimantan. Dan harapan kami jika pada jangkan pendek dan jangka menengah usaha kami laku keras, kami akan memperluaskan wilayah pemasaran hingga ke seluruh Indonesia bahkan dunia.
3.9. Diversivikasi
Diversivikasi, baik produk maupun usaha merupakan hal yang biasa dilakukan oleh penerbit dalam rangka mencari suatu alternative guna memperoleh perubahan-perubahan lain, baik dalam kegiatan, metode, system, ataupun yanglebih penting adalah pendapat baru bagi perusahaan.
Diversivikasi dapat disebut dengan suatu usaha yang dilakukan oleh penerbit dengan cara menambah atau memperluas dalam rangka melepaskan diri dari ketergantungan pada usaha atau produk yang telah ada.
Diversivikasi produk penerbitan dapat dikembangkan baik dalam bentuk, ukuran, desain maupun kemasan informasinya. Dengan diversivikasi produk, produk yang telah ada tidak selalu dihilangkan karena bukan merupakan alasan satu-satunya. Tapi dapat juga dengan menambahkan produk lain untuk menjaga keseimbangan pendapatnya.
Dengan begitu, perusahaan kami merencanakan diversivikasi dengan perencanaan ssebagai berikut:
· Untuk mampu memenuhi kebutuhan pasar dengan baik, divisi pemasaran perusahaan kami akan melakukan jejak pendapat tertutup melalui, angket.
· Membangun Percetakan sendiri pada tahun Selanjutnya dari hasil keuntungan 1-3tahun penjualan untuk mempermudah pada saat memproduksi dan untuk meringankan biaya pada produksi perusahaan.
· Dan yang juga membangun percetakan jarak jauh untuk mengoptimalkan pendistribusian produk ke luar daerah.
BAB IV
ORGANISASI
4.1 Jenis Organisasi
Kami menggunakan struktur Fungsional dikarenakan setiap bagian sudah jelas dan tetap dalam perkerjaan khusus pada setiap bagian-bagian, sehinga kinerja organisasi menjadi efektif dan efisien.
4.2 Bagan Organisasi
Berikut adalah struktur organisasi yang perusahaan yang kami gunakan berserta nama-nama setiap divisinya:
· Direktur : Yang mengatur kinerja karyawan.
· Pemimpin Redaksi : Dewan yang memimpin kinerja redaksi yang ada.
· Redaksi Pelaksana : dewan yang mengatur prosesi pelaksanaan naskah dan menyetujui atau tidak naskah yang masuk.
· Editor : dewan yang mengoreksi naskah
· Pemasaran dan sirkulasi : yang berhadapan langsung dengan human reration
· Produksi dan Design Grafis : layouter dan Ilustrator cover
· Keuangan : Yang memperhitungkan laba-rugi perusahaan.
BAB V
PENGGERAKAN
5.1. Motivasi
Twentyone juga menyadari akan pentingnya semangat kerja dari para karyawan, maka dari itu pemimpin perusahaan selalu memberikan motivasi kepada para karyawan sebelum kerja dalam kegiatan apel pagi dan memberikan apresiasi dengan bonus kepada karyawan pada akhir bulan.
5.2. Jenis Kepemimpinan
Twentyone Publishing memakai system/gaya kepemimpinan demokratis. Dimana kami memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan diusahakan untuk selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Pemimpin akan memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya. Dan para anggota memiliki peranan yang lebih besar. Sedangkan pimpinan Twentyone Publishing hanya akan menunjukan sasaran yang ingin dicapai tentang cara untuk mencapai sasaran tersebut, namun anggota yang menentukan. Selain itu, anggota kami juga diberikan keleluasaan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.
5.3. Jenis Kesejahteraan
Twentyone Publising akan meningkatkan gaji karyawan pada 3 (tiga) awal tahun masa, serta memberikan tunjangan berobat dan tunjangan akhir tua/pensiun untuk karyawan di masa mendatang, dan tunjangan kematian.
BAB VI
PENGAWASAN
6.1. Standar Operasional Prosedur (SOP)
SOP Penerbit Twentyone Publishing dalam tata cara pemilahan naskah yang masuk ke redaksi hingga proses pembuatan majalah sampai ke pemasarannya tanpa perpanjangan waktu yang ditetapkan efektifitasnya.
Tujuan :
- Tujuan tepat waktu, yaitu tiap 2 (dua) pekan sekali dihari Jumat.
- Terlayaninya para pengaju naskah dengan baik agar para penulis naskah tersebut memiliki kepercayaan kepada perusahaan kami, sehingga tidak merasa terugikan dan akan kembali lagi untuk menerbitkan naskahnya di perusahaan kami.
Kebijakan :
- Penyeleksian naskah, pemrosesan ke percetakan, dan pemasaran ke konsumen dilakukan oleh segenap jabatan yang berada di penerbit Twentyone Publishing.
- Naskah yang diproses lebih lanjut adalah naskah sesuai standar kualitas yang juga disetujui redaksi.
- Standar cetakan hitam putih dan warna.
- Standar teks baku.
Prosedur :
- Para penyumbang naskah menyerahkan naskah ke meja redaksi.
- Editor memilahnya dengan ketat- isian yang mengandung berita yang menarik sesuai dengan standar kualitas unsur Penerbitan.
- Naskah yang diproses lebih lanjut, diedit oleh editor, di layout oleh designer grafis, lalu diberikan hasil softcopy hasil dummy buku yang sudah jadi kesebuah percetakan.
- Setelah percetakan jadi dan dikirimkan ke Penerbitan Twentyone Publishing, maka langsung diadakannya pendistribusian produk ke berbagai tempat wilayah Pulau Jawa oleh bagian Pemasaran dengan jumlah eksemplar sesuai dengan permintaan pangsa pasar tersebut.
6.2. Quality Control
Penerbit Twentyone Publishing memiliki standar kualitas naskah bacaan yang baik, memiliki system seleksi naskah yang ketat, editor yang kompeten, memiliki tim desain yang professional, sebagainya demi menghasilkan kualitas produk terbitan yang akan kami terbitan lebih terjamin.
6.3. Hubungan Penerbit-Percetakan
Twentyone Publishing merupakan perusahaan penerbitan yang belum memiliki perusahaan percetakan sendiri, maka dari itu, kami bekerja sama dengan PT. Percetakan Maju Terus untuk melakukan percetakan proses proses produksi buku produk Twentyone Publishing.
PT. Percetakan Maju Terus bersedia mengadakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi produk terbitan kami. Kesalahan yang ada pada konten dan konteks diluar tanggung jawab percetakan. Namun, PT. Percetakan Maju Terus siap bertanggung jawab jika ada ketidak puasan dalam memproduksi produk buku, contohnya warna yang pudar, potongan kertas yang tidak sesuai atau kertas yang telipat, halaman yang hilang, dll.
BAB VII
PENUTUP
7.1. Kesimpulan dan Saran
Semua rencana perusahaan yang telah kami susun bertujuan untuk meluruskan bacaan-bacaan yang ada di semua kalangan generasi, melalui produk bacaan yang berkualitas dengan harga yang ekonomis kami sajikan sehingga dapat menambah pengetahuan konsumen tentang berita hangat setiap harinya.
Kami juga berharap proposal perusahaan ini akan segera terealisasikan segera mungkin. Dengan begitu, kami segenap calon anggota perusahaan TWENTYONE PUBLISHING memohon doa agar perusahaan kami segera terealisasi dan berjalan dengan baik. Terima kasih.
Selamat Pagi, kak saya mau bertanya, penyusunan ini diambil dari referensi buku atau daftar bacaan apa saja?
BalasHapus